Untuk membuat Report (lembaran laporan) database tentunya
harus ada tabel atau form yang dibuat sebelumnya. Data Report database adalah
data yang bersumber dari data yang input pada tabel/form database yang sengaja
didesign saling berhubungan mengikat.
Data yang masuk dan tampil
pada lembaran database akan berubah otomatis seiring adanya perubahan data pada
tabel/form yang sudah dihubungkan sebelumnya tersebut.
Cara membuat report
database dalam microsoft Access dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut, yaitu:
1.
Klick pada nama file tabel yang akan dibuat lembaran laporan database. Data
yang tampil dalam form berikut ini merupakan kelanjutan bahasan dari materi
sebelumnya.
2.
Klick kanan Create pada menu lalu pilih Report Wizard
3.
Pada tampilan Form Report Wizard klick seperti petunjuk panah merah.
4.
Klick Next
5.
Klick 2 kali pada konten Tahun sebagai group level agar Tahun Masuk dapat
bagian atas Form Report Wizard sebagai alat yang akan menyortir data report
berdasarkan tahun.
6.
Klick Next
7.
Klick Next
8.
Klick Next
9.
Klick Finish
Inilah hasilnya dari tahapa-tahapan yang
dijelaskan di atas.
Semoga bermanfaat dan
selamat mencoba mendesign database. Good luck ^_^.
Makasih ya kk , sangat bermanfaat :D
BalasHapusMakasih sudah membantu...
BalasHapusTrima kasih sudah membantu..
BalasHapus